Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Layar Kosong Setelah Sinkronisasi Patch 2.07 Dapodik 2014

Jika pengentrian data pada dapodik berhasil, maka sebagian besar data PTK yang telah valid sudah terbit SKTP-nya pada tahap pertama di awal bulan April kemarin. Namun ada sebagian rekan yang mengalamai Masalah Layar Kosong Setelah Sinkronisasi Patch 2.07 Dapodik 2014.

Permasalahan layar dapodik blank ini terjadi setelah klik validasi “0”, kemudian klik “Sinkronisasi”, namun ternyata yang terjadi adalah blank screen pada tabel yang seharusnya muncul rincian “Update Versi Terakhir” seperti pada gambar berikut :

Adapun cara untuk mengatasi permasalahan layar kosong / putih setelah saat sinkronisasi setelah Anda klik “Sinkronisasi” ternyata masih juga blank, silahkan lakukan cara ini (ingat, cara kedua ini dilakukan hanya untuk yang setelah dilakukan langkah-langkah pertama ternyata tidak berhasil mengatasi permasalahan blank setelah klik “sinkronisasi” dengan benar), seperti biasa, yakni dengan cara backup and restore “database” aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 :

1.   Copy 1 folder “database” ke drive lain / flash disc dari Local Disc (C) > Program Files > Dapodikdas > database.

2.   Uninstall aplikasi Dapodikdas melalui  "Control Panel".

3.   Install ulang aplikasi dengan installer v.2.0.6, kemudian langsung patch menggunakan v.2.0.7c.

4.   Input “services.msc” pada star menu komputer, setelah tampilan Services (Local) muncul, klik kanan pada masing-masing “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”, lalu klik kanan pada kedua file ini, dan klik “Stop” pada keduanya. Selanjutnya, silahkan minimize tampilan ini.

5.   Copy 1 folder “database” hasil backup database dari no. 1 di atas, lalu buka Local Disc (C) ==> Program Files ==> Dapodikdas ==> database. Hapus database yang ada, lalu paste “database” yang dicopy tadi di sini (untuk menggantikan database baru hasil instalasi terbaru dengan database lama dari database yang sudah terentry data terakhir).

6.   Kemudian buka kembali tampilan "Service (Local)" yang tadi diminimaze pada no. 4 di atas, lalu klik kanan pada “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”, klik pada kedua bagian ini lalu “Start” keduanya. kemudian tutup tampilan ini.

7.   Login kembali ke aplikasi seperti biasa.

8.   Selesai.

Masalah Layar Kosong Setelah Sinkronisasi Patch 2.07 Dapodik 2014
Masalah Layar Kosong Setelah Sinkronisasi Patch 2.07 Dapodik 2014

Demikian tutorial singkat ini saya share untuk mengatasi permasalahan blank saat akan sinkronisasi online via aplikasi Dapodikdas v.2.0.7, semoga bermanfaat dan terimakasih. Dan semoga artikel Masalah Layar Kosong Setelah Sinkronisasi Patch 2.07 Dapodik 2014 ini bisa membantu anda. Amiin

Post a Comment for "Masalah Layar Kosong Setelah Sinkronisasi Patch 2.07 Dapodik 2014"