Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Import / Memasukkan Data Prefill Dapodik

Data Prefill merupakan data hasil kiriman ke server dari sekolah melalui Aplikasi Dapodik 2012. Untuk itu operator sekolah yang di sini kapasitasnya sebagai admin hanya mengentri data baru saja seperti siswa baru tahun ajaran ini, jumlah rombel, guru baru dan lain sebagainya.  
Perlu didketahui juga bahwa data Prefill Dapodik 2013 sama ini seperti file DB (database) atau back up lokal dapodik dari Aplikasi Dapodik sebelumnya. Namun, file DB sebelunya tidak bisa digunakan di Aplikasi Dapodik 2013. Kedua file tersebut secara format ekstensi memiliki perbedaan, file yang  terbaru atau data prefill hasil download berekstension .prf sedangkan back up lokal berekstensi .pre.

Cara memasukkan data prefill dapodik 2013 ke komputer
  1. Download file prefill dapodiknya di http://118.98.166.59/laman/prefill
  2. Masukkan Kode Registrasi Sekolah kemudian klik Download
  3. Simpan file tersebut di komputer.
  4. Buat folder di Drive C komputer dengan nama prefill_dapodik
  5. Pindahkan file prefill yang sudah didownload ke dalam folder "prefill_dapodik"

Saat instalasi Aplikasi Dapodik 2013, maka secara otomatis akan meload data tahun 2012 kemarin. Sehingga akan muncul di Aplikasi 2013. Data yang akan masuk diantaranya data siswa, guru dan sekolah. 

Demikian yang dapat admin sampaikan semoga bermanfaat.

4 comments for "Cara Cepat Import / Memasukkan Data Prefill Dapodik"

  1. data yang ada di prefill dapodik kami adalah data lama, padahal kami sudah meng upload data baru (2012) yang lebih valid. Bagaimana cara mengganti dengan data terbaru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hapus folder prefill_dapodik yg lama, dan silahkan buat folder baru, kemudian paste data baru ke folder baru tersebut, , ,baru jalankan aplikasinya

      Delete
  2. kalo ada yang ngerti postgre database...kayaknya dapodik 2013 bisa d jebol...tuh....

    ReplyDelete