Generasi Muda Yang Merindukan Kokohnya Islam

Tunggu, sedang memuat...

Cara Registrasi dan Instalasi Dapodik Yang Benar

Assalamu'alaikum, pada suatu siang saya menulis info ini, meskipun kata-katanya tidak seindah pujangga, namun isinya mungkin bisa dipertimbangkan. :D

Aplikasi Dapodik sudah launching, namun demikian banyak sekali masalah yang timbul pada saat registrasi maupun pengisiannya. Dalam kesempatan kali ini, ijinkan admin berbagi pencerahan yang admin dapat dari salah satu group facebook.

Cara Registrasi dan Instalasi Dapodik Yang Benar
Cara Registrasi dan Instalasi Dapodik Yang Benar
Disini akan admin jelaskan dari mulai kode registrasi (agar tidak dipenuhi dengan komentar yang isinya 'saya belum dapat kodereg' dan sejenisnya).

Untuk yang belum mendapatkan kode registrasi silahkan hubungi KKDataDik kabupaten/kota Anda. Apabila KKDataDik mengatakan belum menerima dari pusat mohon KKDataDik Anda untuk koordinasi dengan pusat. Untuk permintaan kodereg dari OPS langsung ke pusat (kecuali kodereg tidak ditemukan di KKDataDik) tidak kami berikan karena ada beberapa KKDataDik yang 'ngamuk' saat mengetahui ada OPS yang sudah duluan dapat kodereg.

Setelah mendapatkan kodereg silahakn melakukan download data prefill di http://118.98.166.59/laman/prefill. Saat melakukan download dimohon untuk tidak mengganti nama asli file prefil. Nama asli file prefill terdiri dari 32 karakter dengan akhiran .prf (misal : 03b7e028e9da8afdbd2e3ccafc615b68.prf). Kemungkinan-kemungkinan nama berbeda misalnya jika sebelumnya pernah melakukan download maka namanya akan menjadi '03b7e028e9da8afdbd2e3ccafc615b68(1).prf' atau '03b7e028e9da8afdbd2e3ccafc615b68(copy).prf' dan lainnya yang akan menyebabkan GAGAL saat melakukan proses registrasi.

Apabila ada data prefill yang tidak bisa ditemukan saat proses download silahkan menghubungi customer support dapodikdas. Beberapa hal yang kemungkinan terjadi adalah prefill dapodik masuk ke direktori yang diluar wilayah sekolahnya, file prefill tersebut mengalami corrupt sehingga harus dilakukan generate ulang atau ada karakter yang keliru pada koderegistrasi yang paling sering terjadi adalah karakter tertukar antara O dengan 0 (nol).

Saat melakukan proses registrasi pastikan file .prf tersimpan didalam direktori dengan nama 'prefill_dapodik' yang berada tepat dibawah nama drive langsung (misal c:\prefill_dapodik). Ada banyak kesalahan yang sering terjadi masalah penempatan direktori yang paling sering terjadi adalah nama direktori itu sendiri (misal : prefil_dapodik, prefil_dapodikdas, prefill_dapodikdas, prefil dapodik, prefill dapodik, prefil dapodikdas, prefill dapodikdas, dboffline). Ejaan yang benar adalah 'prefill_dapodik', prefill menggunakan huruf L ganda, pemisah menggunakan _ (underscore) bukan menggunakan sepace/sepasi, akhiran dapodik bukan dapodikdas.

Setelah registrasi berhasil dilakukan, file prefill selanjutnya tidak dibutuhkan lagi selama penggunaan aplikasi dilakukan hingga proses sinkronisasi. Prefill dapodik dibutuhkan apabila setelah proses registrasi pertama masih dibutuhkan lagi registrasi selanjutnya untuk alasan beberapa hal (misal : lupa login, menggunakan multi user).

Kesimpulannya saat kode registrasi dapat digunakan untuk melakukan download file prefill maka kode registrasi tersebut tidak ada masalah, jika saat proses registrasi terjadi masalah dengan kode registrasi tersebut kemungkinan ada tahapan atau proses yang salah saat melakukan registrasi tersebut.

Demikian yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat. Salam satu data

Cara Registrasi dan Instalasi Dapodik Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. adakah cara utk mngmblkn k versi sebelumnya, dapodik 2013 Чǝлƍ sdh k patch k versi Чǝлƍ trbaru, tnpa hrs mngnstl ulng aplksix ?

    ReplyDelete