Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Shalat Wajib - Pengertian, Hukum, Dan Dalil

Shalat Fardlu 
Dalam sehari-semalam umat islam diwajibkan melaksanakan shalat 5 waktu. Suatu ketika Rasûlullah ditanya oleh orang a’râby (orang pedalaman) tentang shalat, lantas Beliau menjawab :

خَمْسُ صَلَوَاتٍ فيِ الْيَوْمِ وَالّلَيْلَةِ فَقَالَ هَلْ عَلىَّ غَيْرُهَا فَقَالَ لاَ إِلاَّ أَنْ تَطَوَّعَ
"Shalat yang diwajibkan dalam sehari semalam adalah lima waktu. A'râbi bertanya : "Adakah yang lain ?", Nabi  menjawab : "Tidak, kecuali jika kamu ingin mengerjakan kesunahan." (H.R. Al-Bukhâry & Muslim)
Shalat 5 waktu tersebut ialah :
  1. Dzuhur, waktunya mulai dari tergelincirnya matahari (bergesernya matahari kea rah barat) dan berakhir ketika bayang-bayang sebuah benda sama panjangnya dengan benda tersebut.     
  2. ‘Ashar, waktunya mulai habisnya waktu dzuhur sampai terbenamnya matahari.
  3. Maghrib, waktunya mulai habisnya waktu ‘ashar sampai munculnya mega merah.
  4. ‘Isya, waktunya mulai habisnya waktu maghrib sampai datangnya fajar shâdiq.
  5. Shubuh, waktunya mulai habisnya waktu ‘isyâ (terbit fajar shâdiq) sampai terbitnya matahari
Shalat Wajib - Pengertian, Hukum, Dan Dalil

Dasar tentang waktu-waktu shalat ialah sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim :
عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ أَبِىْ مُوسَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ أَتَاهُ سَائِلٌ يَسْأَلُهُ عَنْ مَوَاقِيتِ الصَّلاَةِ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ شَيْئًا - قَالَ - فَأَقَامَ الْفَجْرَ حِينَ انْشَقَّ الْفَجْرُ وَالنَّاسُ لاَ يَكَادُ يَعْرِفُ بَعْضُهُمْ بَعْضًا ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ بِالظُّهْرِ حِينَ زَالَتِ الشَّمْسُ وَالْقَائِلُ يَقُولُ قَدِ انْتَصَفَ النَّهَارُ وَهُوَ كَانَ أَعْلَمَ مِنْهُمْ ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ بِالْعَصْرِ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ بِالْمَغْرِبِ حِينَ وَقَعَتِ الشَّمْسُ ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ الْعِشَاءَ حِينَ غَابَ الشَّفَقُ ثُمَّ أَخَّرَ الْفَجْرَ مِنَ الْغَدِ حَتَّى انْصَرَفَ مِنْهَا وَالْقَائِلُ يَقُولُ قَدْ طَلَعَتِ الشَّمْسُ أَوْ كَادَتْ ثُمَّ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى كَانَ قَرِيبًا مِنْ وَقْتِ الْعَصْرِ بِالأَمْسِ ثُمَّ أَخَّرَ الْعَصْرَ حَتَّى انْصَرَفَ مِنْهَا وَالْقَائِلُ يَقُولُ قَدِ احْمَرَّتِ الشَّمْسُ ثُمَّ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى كَانَ عِنْدَ سُقُوطِ الشَّفَقِ ثُمَّ أَخَّرَ الْعِشَاءَ حَتَّى كَانَ ثُلُثُ اللَّيْلِ الأَوَّلُ ثُمَّ أَصْبَحَ فَدَعَا السَّائِلَ فَقَالَ « الْوَقْتُ بَيْنَ هَذَيْنِ ».(رواه مسلم)
“Dari Abu bakar bin Abi Musa dan ayahnya dari Rasûlullah, sesungguhnya telah datang seseorang yang menanyakan tentang waktu-waktu shalat, namun Baginda Nabi  tidak menjawabnya. Abu musa berkata : Kemudian Baginda Nabi melakukan shalat shubuh ketika terbit fajar (shâdiq), sedangkan orang-orang pada waktu itu (terbit fajar) hampir tidak dapat melihat satu sama lainnya. Kemudian Beliau memerintahkan si a’rabi, lantas Beliau melakukan shalat dhuhur ketika matahari mulai bergeser (ke barat), ketika itu (matahari mulai bergeser ke barat) orang-orang berkata : Waktu siang telah berjalan separuh, padahal Baginda Nabi lebih mengetahui daripada mereka, kemudian Beliau memerintahkan si a’raby. Kemudian Beliau melakukan shalat ‘ashar sedangkan matahari masih tinggi (belum terbenam), kemudian Beliau memerintahkan si a’raby. Setelah itu Baginda Nabi melakukan shalat maghrib ketika matahari telah terbenam, kemudian Beliau memerintahkan si a’raby. Kemudian Beliau melakukan shalat ‘isya ketika mega merah telah sirna. Pada keesokan harinya, Beliau mengakhirkan shalat shubuh. Beliau salam dari shalat shubuh, ketika orang-orang bekata matahari telah terbit, atau hampir terbit. Kemudian Beliau mengakhirkan shalat dhuhur hampir mendekati waktu ‘ashar kemarin. Kemudian Beliau melakukan shalat ‘ashar, Beliau salam ketika orang-orang berkata matahari telah memerah. Kemudian Beliau mengakhirkan shalat maghrib sampai hampir mega merah sirna. Beliau juga mengakhirkan shalat ‘isyâ sampai 1/3 malam, kemudian Beliau memasuki waktu shubuh. Beliau memanggil si a’raby yang bertanya, Beliau bersabda : Waktu shalat adalah diantara dua waktu ini (hari ini dan kemarin).” (H.R. Muslim)

Post a Comment for "Shalat Wajib - Pengertian, Hukum, Dan Dalil"