Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah-Masalah Pada Aplikasi LPJ BOS dan Cara Mengatasinya

Masalah-Masalah Pada Aplikasi LPJ BOS dan Cara Mengatasinya - Setelah dirilisnya aplikasi yang dimaksudkan untk mempermudah pekerjaan bendahara BOS beberapa waktu lalu, tidak sedikit yang mengeluh dengan menu-menu atau fitur-fitur pada software LPJ BOS.

Beberapa dikeluhkan dengan adanya beberapa masalah yang menjengkelkan, membuat para bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) stress. Seperti Ada transaksi yang tidak muncul, jumlah tidak sesuai, tahun pelajaran salah atau berubah, siswa tidak tampil semua, rumus tidak bisa diedit, dan masih banyak lagi.

Dari beberapa masalah atau kendala saat mengerjakan aplikasi spj BOS di atas saya akan sedikit berbagi pengalaman karena ada teman yang kebetulan menjadi bendahara BOS di sekolahnya.

Masalah atau Error dalam mengerjakan aplikasi pelaporan bos berbentuk excel antara lain :
1. Tidak Bisa Edit File LPJ BOS (APLIKASI)
Solusi : Memang ada beberapa sheet yang tidak diijinkan untuk diubah, jika anda pertama kali menggunakan aplikasi bos ini, tentu anda akan bingung karena data madrasah pada halaman utama aplikasi ini tidak bisa dirubah. Cara mengubahnya adalah anda klik menu  "Data Madrasah", kemudian silahkan isi sesuai data madrasah anda, otomatis nanti halam depan akan berubah.


2. Siswa Hasil Import file EMIS tidak otomatis keluar di Menu L. BOS 02 (BOS-02A dan BOS-02B).
Solusi : Coba anda perhatikan rumus yang ada di sheet L. BOS 02 tadi, mengambil data dari sheet apa? (nama sheetnya apa?) sementara pada aplikasi MI (Khususnya) Sheet L.BOS 02 mengambil data dari Sheet "Emis mts ma", sementara hasil import file .emis masuk ke sheet "Emis". jika demikian, maka anda hanya perlu merubah rumusnya sesuai nama sheet tempat data siswa berada.

 3. Sheet tidak muncul.
Solusi : Cara memunculkan sheet pada Ms. Excel adalah sebagai berikut :
Klik menu "FILE" - OPTIONS - ADVANCED - kemudian scroll ke bawah, kemudian centang pada bagian "Show Sheet Tab" kemudian OK. Jika sudah biasanya sheet tetap tidak terlihat, sebenarnya terlihat cuma tidak tampak karena tertutup. Anda hanya perlu melihat pojok kiri bawah, anda tarik / geser ke kanan maka sheet akan tampak.



 
 4. Tahun Pelajaran menjadi tahun pelajaran selanjutnya.
Solusi : Di beberapa daerah pelaporan BOS dilakukan pada akhir bulan desember tahun 2016, sementara beberapa sekolah masih mengalami kendala dan akhirnya molor sampai bulan januari 2017. Sementara aplikasi bos sendiri beberapa rumusnya mengacu pada tanggal komputer (tahun 2017), misalnya munculnya tahun pelajaran tergantung dari tahun di komputer, misal anda mengerjakannya pada januari, maka otomatis, disana terpampang periodenya tahun pelajaran 2017/2018. Untuk itu, silahkan anda rubah tahun di kompter anda menjadi tahun 2016 lagi (hal ini menyebabkan beberapa aplikasi lain di komputer mengalami gangguan, maka nanti setelah anda cetak laporannya silahkan kembalikan tanggal sesuai sekarang).


OK, demikian sedikit pemecahan masalah yang ada pada aplikasi pelaporan BOS. Artikel ini In Syaa Allah akan kami update sesuai permasalah yang ada, jika anda mengalami kendala, jangan sungkan-sungkan tanya di kolom komentar, kami akan berusaha membantu.

Pencarian Masuk :
download aplikasi spj bos 2017,aplikasi spj bos 2017 excel,laporan bos k7a nline,aplikasi bos 2017 sd,contoh spj bos yang benar,spj bos online,aplikasi spj bos 2017 excel,aplikasi spj bos 2017 gratis,laporan bos smk excel,spj bos 2017 excel,spj bos 2017 kemanag,aplikasi spj bos 2016 kemenag,

Post a Comment for "Masalah-Masalah Pada Aplikasi LPJ BOS dan Cara Mengatasinya"