Generasi Muda Yang Merindukan Kokohnya Islam

Tunggu, sedang memuat...

Kurikulum 2013 VS Kurikulum Lama

Tim Pengamatan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyampaikan dalam pengamatannya sepanjang tahun 2013 kemarin, bahwa pendidikan di indonesia masih dipenuhi oleh berbagai macam persoalan yang sangat memprihatinkan. Salah satunya adalah kurikulum.

Retno Listyarti selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) FSGI  memaparkan salah satu persoalan pada kurikulum 2013 mulai dari zaman orde lama sampai dengan orde baru. Kurikulum di indonesia telah beberapa kali diubah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun, Kemendikbud masih berhati-hati dalam mengubahnya diantaranya adanaya proses dialog, analisis dan uji coba, meskipun terbatas.



Hal ini tentu berbeda dengan terbitnya Kurikulum 2013, yang dalam proses pelaksanaannya masih banyak menuai protes, kritik, ataupun kontra. Selain itu dalam proses sosialisasi kepada pihak sekolah, Naskah final Kurikulum ini tidak dipublis dengan siap. Bahkan ada banyak perubahan yang terjadi. Hal ini membuktikan bahwa kurikulum 2013 diterapkan tidak dengan persiapan yang matang.
Karena hal tersebut Kemendikbud menurunkan target implementasi, dari 30% dari jumlah total sekolah target uji publik, menjadi 2% yaitu 6.213 sekolah saja. Hal tersebut karena minimnya sosialisasi mengenai konsep kurikulum baru ini. Buku diktat dan buku teks terlambat dicetak dan didistribusikan ke sekolah-sekolah.

Keterlambatan distribusi buku pedoman untuk guru inilah yang menghambat proses pelatihan kurikulum anyar ini. Bahwa direncanakan Guru mulai mengajar dengan kurikulum pada awal tahun ajaran 2013/2014 pada bulan juli kemarin, namun baru diterapkan bulan november. ...telat bro

Masalah lain adalah dalam pengisian raport siswa, saat sosialisasi ternyata cara pengisian raport kurikulum 2013 ini tidak disampaikan. Hal ini tentu membuat bingung sejumlah guru.

"Format rapor juga sangat terlambat diterima pihak sekolah. Akhirnya sejumlah sekolah sasaran di Jakarta memutuskan menunda pembagian rapor kelas X, seperti terjadi di SMA Negeri 13, SMAN 41, SMAN 100, dan lainnya," kata Retno Listyarti.

Demikian sedikit informasi  mengenai Masalah-Masalah Kurikulum 2013 yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. Amiin

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2014/01/02/560/920680/kurikulum-2013-vs-kurikulum-orde-lama

Kurikulum 2013 VS Kurikulum Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment