Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catat! Inilah Info, Syarat & Cara Pendaftaran CPNS 2024

 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan rencana rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024, yang mencakup Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pelaksanaan rekrutmen ini dijadwalkan pada bulan Mei 2024.

Catat! Inilah Syarat & Cara Pendaftaran CPNS 2024


Menurut Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, jadwal seleksi akan diumumkan setelah melakukan pembahasan teknis dengan seluruh instansi terkait. Tahap pertama rekrutmen CASN 2024, yang melibatkan CPNS dan PPPK, diharapkan dapat dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Anas mengajak semua kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kementerian PANRB dan BKN tengah aktif berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk melakukan pertemuan dengan para pengelola kepegawaian. Proses konsolidasi usulan instansi pemerintah diharapkan selesai pada Januari 2024. Anas menekankan pentingnya pemanfaatan alokasi formasi secara efisien agar reformasi birokrasi dapat terwujud.

Pelaksanaan seleksi awal dijadwalkan pada bulan Mei, dengan kemungkinan adanya seleksi berikutnya hingga akhir tahun 2024 jika formasi belum terpenuhi. Presiden Joko Widodo telah secara resmi mengumumkan rekrutmen ASN tahun 2024, dengan total formasi sebanyak 2,3 juta. Formasi ini melibatkan instansi pusat dan daerah, dengan alokasi untuk CPNS dan PPPK dalam berbagai bidang seperti guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, menegaskan pentingnya partisipasi semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam memasukkan data melalui platform digital. Dia berharap tes dapat dilakukan pada bulan Mei, dengan opsi tes lanjutan jika formasi masih kosong.

Pemerintah berencana melakukan rekrutmen CASN 2024 hingga tiga kali dalam satu tahun, dan instansi diminta untuk segera mengajukan formasi sesuai kebutuhan. Alokasi besar diberikan pada tahun ini untuk fresh graduate di berbagai sektor, termasuk talenta digital. Artikel ini juga memberikan informasi mengenai syarat dokumen pendaftaran CPNS 2024 dan langkah-langkah pendaftarannya melalui situs resmi SSCASN.

"Kami mendorong agar lembaga pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, memaksimalkan pemanfaatan alokasi formasi sesuai dengan kebutuhan guna mencapai optimalisasi reformasi birokrasi melalui peran Sumber Daya Manusia (SDM)," ungkapnya.

Terkait hal ini, pada tahun ini, pemerintah telah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk memberikan kesempatan kepada lulusan baru untuk mengikuti seleksi. Program ini mencakup berbagai sektor, seperti dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, termasuk di dalamnya para ahli di bidang digital, serta sejumlah sektor penting lainnya."

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

  1. - Kartu keluarga
  2. - Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  3. - Ijazah
  4. - Transkrip Nilai
  5. - Pas foto
  6. - Swafoto/selfie
  7. - Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.


Cara Pendaftaran CPNS 2024

  1. - Masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.
  2. - Buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
  3. - Log in dengan memasukkan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan
  4. - Lengkapi biodata
  5. - Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. - Lengkapi data pendidikan
  7. - Unggah dokumen persyaratan.
  8. - Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah
  9. - Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
  10. - Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar
  11. - Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di akun SSCASN
  12. - Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar
  13. - Pemberkasan dan Penetapan NIP

Post a Comment for "Catat! Inilah Info, Syarat & Cara Pendaftaran CPNS 2024"