Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segera Disiapkan, Ini Jadwal Ujian Nasional (UN) Tahun 2017 SMP/MTs/SMA/SMK/MA

Assalamu'alaikum, Sebagai agenda rutin tahunan, UN bagi sebagian siswa menjadi momok tersendiri. Lebih-lebih bagi mereka yang dulu saat sekitar tahun 2005-2010, karena mereka harus berjuang mati-matian untuk mendapatkan nilai bagus supaya bisa lulus. Nilai kurang dari rata-rata akan tidak diluluskan oleh pihak sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2017 ini akan merealisasikan perluasan pelaksanaan ujian berbasis komputer, baik itu untuk UN (Ujian Nasional) maupun USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional). Adapun untuk jadwal Penyelenggaraan UN dan USBN 2017 berlangsung pada bulan April 2017 s/d bulan Mei tahun 2017.

Berikut Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN)

 Ini Jadwal Ujian Nasional Tahun 2017 SMP/MTs/SMA/SMK/MA
 Ini Jadwal Ujian Nasional Tahun 2017 SMP/MTs/SMA/SMK/MA

untuk SMK/MAK akan dilaksanakan terlebih dahulu pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017.  Untuk SMA/MA, UN akan dilaksanakan pada 10 sampai dengan 13 April 2017. Kemudian untuk UN SMP/MTs akan dirancang menjadi dua gelombang sebagai solusi untuk masalah kekurangan komputer. Gelombang pertama jadwal penyelenggaraan UN SMP/MTs akan berlangsung pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.



Saat rapat koordinasi dengan kepala dinas se-Indonesia tentang persiapan UN 2017 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (22/12/2016), Totok Suprayitno mengatakan bahwa pelaksanaan UN/USBN diperlukan adanya kerja sama, khususnya berbagi sumber daya atau resource sharing, dalam penggunaan komputer. Saat ini telah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa siap menjadi tempat pelaksanaan ujian berbasis komputer. Dengan jadwal UN SMK/MAK, SMA/MA, dan SMP/MTs yang berbeda-beda, komputer dapat digunakan secara bergantian.


“Sekolah atau madrasah dengan jumlah komputer lebih dari 20 buah dan memiliki server dapat ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Nanti Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota menetapkan tempat ujian bagi siswa dari sekolah yang belum memiliki fasilitas berdasarkan kedekatan jarak antarsekolah,” ujar Totok yang saat itu menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud,


Mendikbud mengatakan, bahwa ujian berbasis komputer dilaksanakan untuk meningkatkan efisiensi, reliabilitas, integritas, mutu, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional. Tidak hanya memerintahkan kepada dinas pendidikan untuk mendata jumlah komputer di sekolah-sekolah yang berada di wilayahnya, Beliau juga untuk selalu mencari solusi terbaik dalam mengadakan fasilitas komputer untuk pelaksanaan UN 2017 mendatang.


“Masing-masing dinas laporkan (data jumlah komputer) kepada kami. Untuk solusi, misalnya bisa meminjam komputer dari lembaga kursus komputer di daerahnya, atau bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy pada kesempatan yang sama.


Sementara Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah  berpesan agar Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota segera menetapkan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK dan merancang pengindukan sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai untuk UNBK. “Paling lambat 15 Januari 2017 sudah harus dipastikan agar persiapan selanjutnya, seperti pelatihan proctor, uji coba, dan simulasi, dapat dilakukan dengan baik,” kata beliau.

Sumber : kemdikbud.go.id

Post a Comment for "Segera Disiapkan, Ini Jadwal Ujian Nasional (UN) Tahun 2017 SMP/MTs/SMA/SMK/MA"